Cara Alami Mengobati Sakit Pencernaa

Cara Alami Mengobati Sakit Pencernaan - Assalamualaikum sobat blogger, alhamdulillah bisa update lagi.

Cara Alami Mengobati Sakit Pencernaan
(c) shuterstock.com

Problem pencernaan seringkali disebabkan oleh bakteri, virus atau menu makanan yang salah. Ketika pencernaan bermasalah tentu saja penyerapan nutrisinya menjadi tidak maksimal. Kalau sudah begini biasanya akan mempengaruhi banyak hal lainnya.

Pencernaan bermasalah kerap diiringi dengan konstipasi, diare, mual, muntah, dan bahkan pusing serta keringat dingin. Apabila dianggap remeh dan sepele, hal ini bisa berkembang menjadi penyakit yang jauh lebih berat lagi.

Anda tidak harus selalu minum obat-obatan kimia kok kalau ingin mengatasi sakit pencernaan. Sebenarnya secara alami Anda bisa merawat pencernaan dengan memilih menu-menu yang tepat dengan cara berikut ini:

Jauhi makanan yang menyebabkan gas
Untuk sementara waktu lebih baik hindari makanan-makanan yang menyebabkan Anda buang gas. Makanan tersebut antara lain seperti umbi-umbian (singkong, ketela rambat), kol, brokoli, kembang kol, dan lain sebagainya.

Konsumsi kaldu
Kaldu buatan rumah harganya tentu akan jauh lebih murah dan rasanya lezat. Selain itu, ia kaya kandungan nutrisi dan mineral yang dibutuhkan pencernaan untuk memulihkan diri. Seperti misalnya asam Proline dan glycine, tang akan mempercepat penyembuhan pencernaan.

Makan menu berserat
Perbanyak konsumsi makanan berserat, namun hindari menu yang terlalu kaya karbohidrat. Serat di dalam karbohidrat akan jauh lebih sulit diserap dan dicerna oleh tubuh.
Serat tersebut bisa Anda temukan pada oatmeal, makanan gandum-ganduman, sereal, buah berry-beryyan, plum, aprikot kering, dan lain sebagainya.

Minum air putih
Berapa banyak gelas air putih yang Anda konsumsi sehari? Apabila kurang dari 8 gelas sehari, maka Anda memang wajib meningkatkannya. Biasakan minum air setidaknya 8 gelas sehari dan menambahkan asupan air dari buah-buahan segar yang Anda makan sehingga tubuh tidak sampai kekurangan cairan.

Berolahraga
Sebenarnya penyakit di dalam tubuh bisa Anda kontrol dengan olahraga rutin. Setidaknya 30-45 menit dalam sehari, maka tubuh akan dalam kondisi selalu fit dan bugar, sehingga bakteri penyakit tidak gampang menyerang.

Selain itu, mereka yang melakukan olahraga rutin, metabolisme tubuhnya juga lebih baik. Demikian juga dengan buang air besar, yang bisa terus secara rutin setiap hari.

Makan perlahan saja
Hindari makan terlalu cepat sekalipun Anda merasa lapar. Makan terlalu cepat akan membuat makanan tidak tercerna dengan baik. Sehingga makanan yang Anda konsumsi justru menjadi gas di dalam perut. Hal ini menyebabkan perut merasa tidak nyaman, dan bahkan kram atau mual.

Hindari terlalu banyak makanan manis
Kondisi pencernaan yang gampang sakit disebabkan karena Anda terlalu sering dan terlalu banyak makan makanan manis. Gula susah diproses di dalam tubuh, sehingga ia menyebabkan banyak penyumbatan di mana-mana, hal ini akan berbahaya apabila dibiasakan terus menerus.

Kurangi stres
Manage stres di dalam tubuh Anda. Hindari membawa pulang pekerjaan ke rumah sehingga Anda punya cukup banyak waktu untuk beristirahat dan mengatasi stres Anda.

Demikian mengenai Cara Alami Mengobati Sakit Pencernaan, semoga dapat bermanfaat buat kalian semuanya, wassalamualaikum.

Comments :

0 comments to “Cara Alami Mengobati Sakit Pencernaa”

Post a Comment

Blogroll

 

Mau Tau Enggak?
Blogger Template by Blogger Mbojo Share In Premium Wordpress Themes and Blogger Template | Host In Blogger.com